Monday, February 28, 2011

steadicam merlin




Steadicam Merlin adalah sistem penyeimbang kamera video yang di­ciptakan untuk meminimalkan effect getaran terhadap hasil rekaman video. Secara prinsip, Steadicam Merlin terdiri dari dua komponen utama, gimbal model peluru dan beban penyeimbang. Gimbal yang terletak pada ujung pegangan Stea­dicam Merlin berfungsi sebagai poros penyeimbang supaya kamera video mampu menjaga posisinya secara horizontal.

Sedangkan beban penyeimbang berfungsi untuk menjaga posisi kamera terhadap gaya gravitasi. Beban penyeimbang tersebut diatur sesuai beban kamera video yang terpasang.





Antara gimbal dan beban penyeimbang terdapat dua ruas tangkai yang terbuat dari aluminium aloy. Karena itu, bobot Steadicam Merlin terbilang cukup ri­ngan. Dalam keadaan terakit, bobotnya kurang dari 1,28 kg. Beratnya tergantung dari beban penyeimbang yang terpasang. Walaupun cukup ringan, Steadicam Merlin cukup kokoh untuk membawa kamera video profesional. Secara tek­nis, Steadicam Merlin dapat menahan beban ka­mera hingga 3,2 kg.




Selain untuk pegangan beban penyeimbang, dua ruas tangkai Steadicam Merlin dapat berfungsi sebagai dudukan kamera video ke bahu, penahan kamera ke badan supaya posisi kamera video lebih mantap atau penjepit ke bibir meja saat kamera video tidak ingin dioperasikan dengan tangan. Untuk mempermudah pengaturan tersebut, di tengah ruas tangkai disertai engsel dengan pengunci yang berkualitas.






Steadicam Merlin adalah sistem penyeimbang yang ideal untuk digunakan videografer profesional. Dengan pemakaian yang benar, transisi rekaman video akan menjadi lebih halus sehingga kualitas video menjadi lebih baik.




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...